Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Rabu, 26 Juli 2017

PENGERTIAN JARINGAN KOLENKIM DAN SKLERENKIM

Pengertian Jaringan Kolenkim dan Sklerenkim Lengkap - Jaringan penguat pada suatu tumbuhan yang bisa juga disebut sebagai jaringan penyokong merupakan salah satu jaringan yang berfungsi untuk menyusun tumbuhan yang pastinya memiliki peranan untuk memberi kekuatan atau sokongan pada tumbuh-tumbuhan sehingga dapat tumbuh dengan berdiri tegak. Nah, jaringan ini berdasarkan bentuk dan sifatnya telah terbagi menjadi dua bagian yakni: Jaringan kolinkim dan sklerenkim. Tentu dari kedua jaringan tersebut memiliki ciri-ciri dan juga fungsi yang berbeda-beda. Kita akan bahas satu persatu dari kedua jaringan tersebut, di antaranya adalah:

Pengertian Jaringan KolenkimPengertian jaringan kolenkim adalah jaringan homogen yang tersusun atas sel-sel kolenkim. Fungsi jaringan kolenkim ialah untuk penguat utama organ-organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan. Letak jaringan kolenkim pada umumnya berada dibawah epidemis batang, tangkai daun, tangkai bunga dan ibu tulang daun. Kolenkim ini jarang terdapat pada akar.

PENGERTIAN JARINGAN KOLENKIM DAN SKLERENKIM
Jaringan Penguat : Kolenkim dan Sklerenkim

Ciri-Ciri Jaringan Kolenkim
Sel kolenkim biasanya memanjang sejajar dengan pusat organ tempat kolenkim itu terdapat. Dinding sel kolenkim tidak mengandung lignin, tetapi mengandung selulosa, pektin dan hemiselulosa. Adakalanya dalam sel kolenkim terdapat kloroplas sehingga juga berfungsi dalam fotosintesis. Sel-sel kolenkim biasanya mengalami penebalan setempat pada dinding selnya.
 
Macam-Macam Jaringan Kolenkim
Berdasarkan latak dan bentuk penebalan kolenkim dibedakan menjadi empat macam yaitu :
  • Kolenkim Angular
Kolenkim angular ( sudut ) mengalami penebalan pada bagian-bagian sudutnya. Contoh : jaringan kolenkim ini sering ditemukan pada dedaunan, memberi mereka tekstur bergelombang anda bisa mempelajari secara khusus pada daun tanaman seledri.
  • Kolenkim Lamellar Atau Tangensial
Kolenkim lamellar ( papan ) mengalami penebalan pada dinding-dinding sel yang tangensial saja. kolenkim ini mempunyai dinding sel yang tebal hanya ketika mereka sejajar dengan permukaan struktur dimana mereka ditemukan. Penebalan ini memungkinkan untuk kekuatan yang lebih besar dan dukungan untuk lapisan luar struktur tanaman apakah itu sebuah batang atau daun.
  • Kolenkim Annular
Jenis yang paling langka, contoh : jaringan kolenkim bisa diamati pada daun tanaman wortel. Hal ini ditandai dengan dinding sel merata menebal dan diyakini murni untuk dukungan dan struktur disegala arah, dengan tidak ada satu sisi dinsing yang lebih tebal.
  • Kolenkim Lacunate Atau Lakunar
Kolenkim lacunate ( lakuna ) mengalami penebalan pada permukaan ruang antar sel. Jaringan kolenkim lakunar dikenal karena memiliki banyak ruang antar antara sel-sel. Ini cocok bersam-sama seperti matriks dan mengisi runag dalam bagian tanaman yang lain kosong dan rentan runtuh. Anda bisa menggap itu sebagai kerangka banguanan atau perancah yang untuk dukungan tambahan ditempat-tempat yang akan lemah.

Pengertian Jaringan Sklerenkim
Pengertian jaringan sklerenkim ialah jaringan penguat, tetapi hanya pada jaringan tumbuhan yang tidak lagi mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.
Ciri-Ciri Jaringan Sklerenkim
Jaringan ini terdiri atas sel-sel mati. Dinding selnya sangat tebal dan sangat kuat karena mengandung lignin ( komponen utama kayu ). Dinding selnya mangalami penebalan primer dan penebalan sekunder oleh zat lignin.

Fungsi jaringan sklerenkin ialah menguatkan bagian tumbuhan yang sudah dewasa. Sklerenkim juga berfungsi untuk melindungi bagian-bagian lunak yang berada dibagian leebih dalam misalnya pada kulit biji jarak, tempurung kelapa dan buah kenari.
Macam-Macama Jaringan Sklerenkim
Berdasarkan bentuknya, sklerenkim dibagi menjadi dua macam yaitu serabut skleremkim yang berbentuk seperti benang panjang dan sklereid ( sel batu ) contoh : jaringan sklerenkim sklereid terdapat pada berkas pengangkut diantara sel-sel parenkim, korteks batang, tangkai daun, akar, buah dan biji.
Persamaan Dan Perbedaan Jaringan Kolenkim Dan Sklerenkim
Persamaan jaringan kolenkim dan sklerenkim yaitu kedunya sama-sama berfungsi untuk :
  1. Menguatkan tegaknya batang dan daun.
  2. Melindungi biji atau embrio.
  3. Melindungi berkas pengangkut.
  4. Memperkuat jaringan perenkim yang menyimpan udara.
  5. Dan sama-sama terjadi penebalan.
Sedangkan perbedaan jaringan kolenkim dan sklerenkim adalah :
  1. Kolenkim berfungsi untuk menunjang organ muda sedangkan sklerenkim untuk menunjang organ tumbuhan yang telah dewasa.
  2. Letak kolenkim lebih tepi dibanding sklerenkim dibawah epidermis.
  3. Sel kolenkim memanjang ke arah poros panjang organ tempatnya berada dan ditandai oleh adanya sel primer yang berdinding tebal sedangkan pada sklerenkim memiliki dinding sel yang tebal, berlignin dan protoplasmanya mati.
  4. Sifat jaringan kolenkim, primer, hidup.
  5. Sifat jaringan sklerenkim, primer, dewasa, mati.
  6. Fungsi kolenkim, penguat organ yang masih mengalami perkembangan ( muda ).
  7. Fungsi sklerenkim, pelindung organ muda dan tua.
  8. Letak sklerenkim lebih dalam dibandingkan kolenkim, dapat ditepi atau agak dalam pada organ.
Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk kalian dalam artikel yang berjudul Pengertian Jaringan Penguat : Kolenkim dan Sklerenkim yang saya sajikan secara lengkap sampai dari persamaan dan perbedaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN JARINGAN KOLENKIM DAN SKLERENKIM

0 komentar:

Posting Komentar