Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Minggu, 13 Agustus 2017

CONTOH PARAGRAF GENERALISASI TENTANG KESEHATAN

Contoh Paragraf Generalisasi Tentang Pendidikan, Kesehatan, Buah - Paragraf generalisasi adalah paragaf yang menggunkana pengembangan pola induktif, yaitu dengan menempatkan gagasan utamanya pada kalimat utama di akhir paragaraf. Paragraf ini menarik sebuah kesimpulan umum berdasarkan data – data yang telah dijabarkan sebelumnya. Data tersebut adalah pernyataan – pernyataan yang berupa hal – hal khusus.

Contoh Paragraf Generalisasi Tema Kesehatan
Asap rokok mengandung 4.000 zat kimia berbahaya untuk kesehatan. Dua di antaranya yaitu nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat karsinogen. Nikotin dan karsinogen yang timbul akibat pembakaran tembakau dapat memicu terjadinya kanker. Nikotin dapat menimbulkan rasa nikmat, perasaan lebih tenang, daya pikir serasa lebih cemerlang, mampu menekan rasa lapar, dan rasa senang sekaligus keinginan merokok lagi. Selain itu, rokok dapat menyebabkan kerusakan organ-organ tubuh, terutama paru-paru dan sistem saraf.Jadi, asap rokok menimbulkan banyak kerugian bagi kesehatan. 

CONTOH PARAGRAF GENERALISASI TENTANG KESEHATAN

Contoh Paragraf Generalisasi Tema Pendidikan
Setelah memeriksa hasil ulangan biologi siswa kelas XI, sebagian besar siswa mendapatkan nilai standar kelulusan yaitu 80. Paling tidak ada 5 siswa yang nilainya berada dibawah standar kelulusan. Bagi siswa yang mendapat nilai dibawah standar kelulusan, maka diwajibkan untuk ikut remedial atau ujian perbaikan. Ujian perbaikan tersebut dapat berupa ujian materi yang serupa namun soal lebih mudah atau bisa juga melalui tugas dengan materi terkait. Sistem penilaian pada ujian perbaikan pun juga berbeda dengan ujian utama, pada ujian perbaikan nilai maksimum siswa sebatas standar kelulusan. Dengan demikian, program perbaikan ini membantu siswa yang belum mencapai ketuntasan dalam belajar.

Contoh Paragraf Generalisasi Tema Buah
Buah tomat merupakan buah yang sarat khasiat. Buah tomat dapat mencegah penyakit kekurangan vitamin. Di samping itu juga mencegah kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan tomat dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, kolera, dan serangan empedu.

Contoh Paragraf Generalisasi Tema Bencana
Pada senin malam, tepatnya pukul 22:30, warga Yogyakarta dikejutkan oleh gempa bumi yang berkekuatan 7,2  skala richter yang sanggup menghancurkan bangunan di kota yang tradisinya masih lekat tersebut. Gempa bumi yang menewaskan puluhan orang dan ratusan orang luka-luka ini pun menarik empati masyarakat untuk memberi sumbangan baik berupa uang, sembako, ataupun pakaikan. Gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta ini memang gempa terhebat sepanjang tahun 2011.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CONTOH PARAGRAF GENERALISASI TENTANG KESEHATAN

0 komentar:

Posting Komentar