Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Jumat, 25 Agustus 2017

CONTOH TEKS EKSEMPLUM SINGKAT SERTA STRUKTURNYA

Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya - Selamat datang di website ilmu pendidikan, yang kali ini akan membahas pengetahuan ilmu bahasa. yang kita bahas hari ini adalah teks eksemplum, Teks eksemplum ini sangat berkaitan dengan pengalaman hidup seseorang. Lantas apa yang dimaksud dengan teks eksemplum yang sebenarnya ?

Dalam artikel ini kita akan mengulas tentang pengertian teks eksemplum, struktur teks eksemplum, dan ciri ciri teks eksemplum. Supaya mempermudah kalian belajar tentang teks eksemplum, kita juga akan memberikan beberapa contoh teks eksemplum yang akan saya bagikan bisa menjadikan referensi untuk kalian dalam mengerjakan tugas dan menambah pengetahuan kalian. Simak saja di bawah ini :
CONTOH TEKS EKSEMPLUM SINGKAT SERTA STRUKTURNYA

Teks eksemplum mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Berisi tentang suatu peristiwa yang tidak di inginkan oleh tokoh. 
  2. Mempunyai nuansa naratif. 
  3. Pada umumnya menceritakan tentang pengalaman pribadi seseorang. 
  4. Terdapat perubahan perilaku pada tokoh untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. 
  5. Menunjukkan urutan peristiwa atau kejadian yang jelas.
Contoh 1: TANGGA KOPI
Struktur OrientasiSetelah pulang sekolah aku memutuskan untuk langsung menuju ke kos tanpa mampir ke tempat seperti biasa. Rasanya badan sudah capek dikarenakan aktivitas seharian sekolah di hari itu.

Saat melihat dispenser di kamar kos, aku berpikir bahwa sepertinya nikmat sebelum tubuh berbaring minum kopi terlebih dahulu. Kebetulan saat itu persediaan kopi masih lumayan banyak.

Aku panaskan dispenser dan setelah 5 menit air sudah hangat. Kemudian saya ambil kopi bubuk dan membuatnya kopi di gelas.
Struktur Insiden

Kopi pun sudah siap diminum dan aku ingin pergi ke kos lantai 1 (kamar saya di lantai 2) sembari membawa kopi yang barus aja dibuat.

Aku nekat membawa gelas kopi menuruni anak tangga tetapi karena aku gugup menuruni anak tangga, tanganku menjadi tidak seimbang sehingga membuat gelas yang berisi kopi goyang.

Alhasil kopi pun tumpah ke anak tangga, dimana anak tangga tersebut sering dilewati oleh anak-anak. Saat itu untung saja tidak ada orang yang sedang lewat sehingga tidak ada 10 menit aku bisa membersihkan cairan kopi yang tumpah di lantai tangga.
Struktur InterpretasiBerdasarkan cerita pengalaman pribadi diatas, kita bisa belajar ketika membawa sesuatu terutama yang rawan, kita harus lebih berhati-hati dan tidak tergesa-gesa. Sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Contoh 2: Pertama Kali Kena Tilang
Struktur OrientasiBerawal ketika aku ingin membuat surat ijin mengemudi pertamaku, aku pergi dari tempat daerah asalku menuju ke kota yang ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan motor.

Waktu itu aku pergi dengan ayahku dengan menggunakan 2 motor. Ayahku sudah mempunyai surat ijin mengemudi, sedangkan aku belum. Tetapi beruntung walaupun aku belum mempunyai surat ijin mengemudi, selama mengendarai motor aku tidak pernah terkena razia tilang polisi.

Struktur InsidenDisaat perjalanan ke kota tinggal sekitar 30 menit aku sempat kaget dikarenakan banyak motor yang berhenti di tengah jalan, aku sudah menduga sebelumnya bahwa itu adalah razia tilang polisi.

Dengan berani dan yakin aku hendak melewati tilangan itu, tetapi sayang sekali motor yang ada di depanku berhenti sehingga terpaksa membuat laju motorku juga berhenti. Akhirnya akupun diperiksa oleh polisi.

Sebenarnya ayahku bisa terus lanjut dikarenakan tidak diberhentikan oleh polisi, tetapi karena aku berhenti ayahku juga ikut berhenti.

Kemudian surat kendaraan yang aku kendarai diperiksa, dan saat pemeriksaan surat ijin mengemudi, aku mati kutu dikarenakan belum memilikinya.

Akupun memberitahu kepada polisi bahwa tujuan kami akan membuat surat ijin mengemudi, tetapi hal itu tidak mendapat toleransi dari polisi sehingga akupun terpaksa terkena tilang, dimana tilangan ini merupakan kali pertama bagiku.

Struktur InterpretasiDengan pengalaman pribadi ini aku belajar bahwa kita harus mematuhi segala aturan berkendara terutama masalah surat ijin mengemudi yang sering tidak terlalu dipedulikan. Karena semua itu juga kembali ke kita masing-masing.

Karena apabila kita nekat mengendarai motor tanpa perlengkapan surat ijin mengemudi, kita akan terkena akibatnya, salah satunya yaitu terkena tilang.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk kalian dengan judul pembahasan Contoh Teks Eksemplum Singkat Serta Strukturnya. Semoga dengan artikel ini kalian dapat pengetahuan lebih bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CONTOH TEKS EKSEMPLUM SINGKAT SERTA STRUKTURNYA

0 komentar:

Posting Komentar