Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Senin, 16 Oktober 2017

CONTOH TEKS FANTASI PENDEK BAHASA INDONESIA

Pengertian Teks Fantasi - Cerita fantasi merupakan sebuah karya tulis yang dibangun menggunakan alur cerita yang normal, namun memiliki sifat imajinatif dan khayalan semata. Pada cerita fantasi hal yang bersifat tidak mungkin merupakan hal yang biasa dan tidak aneh bahkan terkesan dilebih-lebihkan. Umumnya unsur unsur dan struktur cerita fantasi ini seperti setting, alur, penokohan, konflik, ending dan lain sebagainya akan dibuat berlebihan dan terkesan tidak akan pernah terjadi di dunia nyata.

Contoh Teks Fantasi Singkat 1
inilah beberapa contoh mengenai contoh teks fantasi 3 paragraf singkat dan sederhana.


CONTOH TEKS FANTASI PENDEK BAHASA INDONESIA

Contoh Cerita Pendek Fantasi
Hantu Goblin

Suatu malam, ada seorang gadis dan saudara perempuannya ke taman. Suasana taman yang remang remang sepi, membuat mereka ingin kembali ke rumahnya. Sebelum pulang ke rumah, di jalan, mereka seperti sedang diikuti oleh seseorang. Salah satu dari mereka menengok ke belakang dan ternyata tidak ada orangnya. Ketika di depan…
“huuuaaa…” teriak gadis itu.

“a… ad… ada… ha… han… hantu…” ucap mereka terbata bata. Langsung kedua gadis itu berlari dan pulang ke rumah.
Sesampainya di rumah, kedua gadis itu langsung masuk ke kamarnya masing masing.
“hhuuuaaa…” terdengar suara jeritan anak gadis.
“kaa… kamu… kamu… ssii… siapa?
Kamu siapa?” tanya gadis.
“hohoho… beraninya kamu bertanya padaku.” jawab suara yang bergema.
“ma… maaf… maafkan… maafkan aa… aku, maafkan aku” ucap gadis.
“aku, Goblin, Goblin Hot” jawab hantu yang ternyata Goblin.
“goblin hot itu apa?” tanyanya.
“nggak perlu nanya. Maaf aku banyak urusan. Aku harus pergi” seketika suara itu hilang tiba tiba. Gadis yang bertemu dengan Hantu Goblin Hot atau yang biasa disebut Goblin Api langsung ketakutan dia segera memejamkan matanya untuk tidur. Tetapi, mimpi buruk menimpa gadis itu. Dia bertemu lagi dengan Goblin Api itu.
“hai Goblin, sebenarnya siapa kamu?” tanya gadis dengan berani.
“aku sebenarnya Opange dari kota Tenma. Aku meninggal dengan tidak tenang. Ada orang yang membunuhku pada saat aku sedang belajar teater di suatu pelatihan. Pada saat itu aku masih memakai kostum Goblin. Seseorang telah menusuk aku dari belakangku. Lalu, tubuhku dibakar olehnya. Makannya tubuhku ini dipenuhi dengan api. Dan sampai sekarang, orang itu masih berkeliaran. Aku kini sudah mengetahui siapa pembunuhku. Tapi aku tidak tahu apa maksud dirinya membunuhku” jelas Goblin.
“terus, apa maksud kamu mendatangiku?” tanya gadis lagi.
“niatku adalah memberi tahumu. Aku ingin kamu menolongku. Aku ingin orang yang membunuhku daoat dihukum gantung. Dia adalah Pally. Aktris terkenal di sanggar teater Werog. Dia bersama teman temanya sekarang. Tolonglah aku, agar bisa tenang.” jawab Goblin. Setelah itu dia menghilang.
Gadis itu bangun dari tidurnya.
“huaah… mimpi apa tadi?” tanyanya pada dirinya sendiri.
Setelah itu dia beranjak mandi. Sarapan dengan sepotong roti selai. Dan segelas susu vanilla. Setelah itu dia memanaskan mobinya dan pergi ke kantor polisi untuk melapor apa yang telah dialaminya semalam.
“memang begitukah?” tanya pak polisi.
“iya pak, dia sering menggangguku tiap malam. Dia belum tenang pak di alam sana. Ayolah pak, bantu saya untuk memecahkan misteri ini.” jawab gadis.
“baiklah, secepatnya akan kami urus masalah itu. Apakah anda pernah melihat orang yang bernama Pally dan kawannya?” tanya pak polisi.
“memang, pak saya belum pernah melihat mereka. Tetapi sekarang dia menjadi aktris terkenal di sanggar teater Werog. Sekarang dia masih berkeliaran. Saya takut, dia akan membunuh lebih banyak insan yang tidak bersalah.” jawab gadis.
“sekarang anda ikut kami untuk mencari orang itu” tawar bapak polisi.
“ya” jawabnya singkat.
Setelah beberapa jam mencari sanggar teater Werog, akhirnya sanggarnya berhasil ditemukan. Pak polisi langsung mencari orang yang benama Pally dengan bertanya pada ketua teaternya.
“maaf, adakah yang bernama Pally di sanggar ini?” tanya pak polisi.
“ada pak” jawab ketua sanggar.
Langsung Pally ditangkap dan dihukum dengan hukuman gantung. Hantu Goblin Hot akhirnya tenang di alamnya.

Contoh 2
Contoh berikut adalah contoh teks fantasi 3 paragraf dengan judul bantuan yang tak terduga yang dialami oleh penulis.

BANTUAN YANG TAK TERDUGA

(masuk paragraf) Galih mengamati gerbang sekolahnya dengan hati-hati dari balik dinding kelas I. Sudah setengah jam ia berdiri di situ, menunggu semua temannya tak tampak di gerbang sekolah. Sepertinya sudah sepi, pikirnya. Dengan menghela napas panjang, ia berjalan cepat ke arah gerbang.
"Hei! Kok baru keluar, Lih?" tanya Arkan tiba-tiba dari balik dinding sebelah gerbang.
"Aku piket dulu tadi," kata Galih dengan terbata-bata.
"Piket atau piket? Yang lainnya sudah keluar dari tadi lho," kata Riwu menggoda.
(masuk paragraf) Galih terdiam. Dadanya berdegup kencang.
"Lih, mana janjimu?" tanya Naufal sambil mendekati Galih. Arkan dan Riwu pun berdiri mendekati Galih.
"Janji apa? Aku tidak pernah janji apa-apa!" kata Galih.
"Kamu sudah berjanji akan memberikan kami uang sepuluh ribu setiap hari Jumat," kata Riwu.
"Aku bilang aku tidak bisa. Uang darimana? Ibuku hanya memberiku sangu 3000 per hari," kata Galih marah.
"Bisa tidak bisa, harus bisa!" kata Naufal yang berbadan besar sambil mendorong lengan Galih.
(masuk paragraf) Galih terdorong ke dinding gerbang. Ia tidka harus bagaimana menghadapi ketiga temannya yang bertubuh lebih besar daripadanya. Ia menatap sekeliling. Sekolah telah sepi. Percuma jika ia berteriak meminta tolong.
"Ayo, Lih! Mana uangnya!" paksa Arkan sambil memegang kerah baju Galih.
(masuk paragraf) Galih memejamkan mata. Ia tidak punya uang sebanyak itu. Ia pun tidak mungkin meminta ibunya yang hanya berpenghasilan cukup untuk makan mereka saja. Galih berdoa di dalam hati, semoga ada yang membantunya.

(masuk paragraf) Duuuughhh! Tiba-tiba saja terdengar suara keras dari samping kanan Galih. Galih membuka matanya. Di depannya telah berdiri tokoh yang baru saja dibaca bukunya semalam: Wiro Sableng. Dengan ikat kepalanya yang putih dan pakaian putih yang dipakainya, ia yakin dia pasti Wiro Sableng. Belum lagi kapak bertuliskan 212 yang terselip di pinggangnya.
"Bocah cilik kok sudah jadi preman! Besarnya mau jadi apa?!" kata Wiro Sableng tegas.
(masuk paragraf) Arkan, Riwu, dan Naufal berjalan mundur ketika melihat Wiro Sableng yang tampak sangat gagah dan berwibawa.
"Pulang sana! Belajar yang benar! Biar jadi orang yang berguna, bukan jadi preman!" kata Wiro Sableng dengan keras.
(masuk paragraf) Mereka bertiga pun berlari sekencang-kencangnya menjauh dari Galih dan Wiro Sableng. Galih dengan pelan-pelan menarik lengan baju putih Wiro Sableng.
"Wi..wiro Sa..sableng?" kata Galih terbata-bata.
"Kamu juga! Belajar yang giat dan jadi anak yang berani. Biar tidak dikompas sama teman-temanmu!" kata Wiro Sableng sambil berjalan ke arah berlawanan dengan larinya Arkan, Riwu, dan Naufal. Dan menghilang setelah sepuluh langkah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CONTOH TEKS FANTASI PENDEK BAHASA INDONESIA

0 komentar:

Posting Komentar